Jantung Koroner

Sejak tahun 1996 penyakit jantung koroner adalah penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Padahal sebelumnya menduduki peringkat keiga di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, penyakit jantung koroner juga merupakan penyebab kematian normor satu d Amerika. Penyebab penyakit jantung koroner bukan diakibatkan karena terlalu banyak makan santan. Santan tidak menakkan koelsterol. Hal ini lebih disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi daging. Langkah-langkah yang bisa dilakukan pemeriksah dalam menangani kasus penyakit jantung koroner adalah melakukan sosialisasi hidup sehat dan kampanye antirokok yang seperti terdapat pada kemasan rokok, juga kampanye rajin berolahraga di Indonesia sendiri terdapat kelompok jantung sehat yang  biasanya diadakan olesh masyarakat atau organisasi tertentu dengan dibantu oleh pihak rumah sakit.

Penyebab utama kasus penyakit jantung koroner me ningkat di Asia Pasifik adalah way of life atau pola hidup orang Asia Tenggara. Hal ini terkait dengan tiga pokok :

  1. Gliko lipo toksisit, terlalu banyak makan yang manis-manis dan berlemak.
  2. Kebiasaan sedentary living, hidup santai, kurang melakukan aktivitas fisik.
  3. B erbagai macam polusi lingkungan yang makin parah dan makin banyaknya radikal bebas.

by pass dan stent

Di Asia tenggara sendiri terjadi perubahan mendasar padapenyakit jantung koroner, yakni adanya Westernisasi diet, yakni pola makan yang mengikutipola makan orang barat yang banyak mengandung lemak dan gula, seperti minuman ringan (soft drink) dan junk food. Selain itu, modernisasi di Asia Tengara mengakibatkan orang-orang menjadi lebih sedikit melakukan aktivitas fisik. Kemacetan lalu lintas yang parah di kota-kota besar dan ruang gerak pejalan kaki yang kurang juga berperan dalam hal ini.

Radikal bebas salah satu penyebab gejala jantung koroner adalah suatu ion molekul tanpa pasangan yang bisa mengikat molekul lain yang mengakibatkan molekul /zat tadi mejadi rusak atau berubah sifat. Misalnya, sel-sel pembuluh darah menjadi cepat matu atau pembuluh darah menjadi menyempit. Sel-sel yan berubah sifat contohnya adalah sel-sel kanker Sumber radikal bebas antara lain :

  1. Asap rokok
  2. Polusi udara
  3. Polusi kimawi atau lingkungan (mialnya semprotan nyamuk, inteksida cat).
  4. Polusi elektromagnetik (misalnya dari handphone, layar TV, layar monitor).
  5. Polusi daru tubuh sendri (misalnya penyakit kronis seperti diabetes)

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan adalah salah sat cara mengurangi radikal bebas. Antioksidan adalah zat yang dapat menangkap radikal bebas supata tidak bereaksi. Ada beberapa jenis antioksidan :

  1. Vitamin E, C, A B12, dan B16
  2. Flatonoid; tempe, kedelai, the hijau, bawang putih, mengkudu, dan sebagainya.
  3. Mineral, seng, mangan, selenium.
  4. Enzim, co-enzim 10.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung Koroner and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>